Sabtu, 23 Februari 2013

Menara Jakarta

Menara Jakarta dibangun di kawasan bekas bandara kemayoran Jakarta di atas lahan seluas 306.810 m2, dengan luas bangunan 40.550 m2 dan ketinggian 558m, Dengan gedung podiumnya setinggi 17 lantai.




Menara Jakarta memiliki tiga kaki yang akan menjulang hingga ketinggian 500 meter. Masing-masing kaki berbentuk silinder, berdiameter 13,2 meter. Dua di antaranya berisi masing-masing tiga lift dengan kecepatan 7 meter per detik. Kaki ketiga berisi delapan lift khusus untuk pengunjung. Pada gedung ini terdapat 10 unit elevator/lift.



Selain itu, pada bagian bawahnya, menara itu diikat lagi dengan cincin beton berdiameter 40 meter dengan tinggi 15 meter. Untuk lebih menstabilkannya, menara tertancap dengan fondasi berdiameter 80 meter sampai kedalaman 58 meter di bawah tanah.

Pada tahun 1996, Sayembara Menara Jakarta dimenangkan oleh Murphi/Iohn dari Amerika Serikat. Hanya saja, karena desain ini terlalu mahal untuk dikembangkan, maka pemerintah memilih desain dari pemenang kedua yakni East Chine Architecture Design & Research Institute (ECADI), yang juga membangun Shanghai Oriental Pearl Tower di China. Desain ECADI ini dipilih karena para juri menganggap desainnya sederhana dan masih bernuansa Asia.

Building Function:
- Broadcasting & ICT Tower: Digital TV Transmission Center, Digital Radio Transmission Center,  International Data Center, ICT International HUB.
- Office Tower
- Mall & Entertaiment
- Condominium
- Convention Hall

Main Tower:
- Observation Deck
- Revolving restauran
- Leasing Office
- Multifuction floor

Property Developer:
PT. PERSADA JAPA PAMUDJA


Menara Jakarta artikel dari kompas.com

Menara Jakarta artikel dari wikipedia

0 komentar:

Poskan Komentar